Source Code Aplikasi Penjualan Makanan Menggunakan NetBeans

aplikasi penjualan makanan

Source Code Aplikasi Penjualan Makanan Menggunakan NetBeans. Menurut Wikipedia, NetBeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Semula. aplikasi NetBeans IDE ini diperuntukkan bagi pengembangan dalam Java. Namun, aplikasi ini juga mendukung program-program pembuatan bahasa lain secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi aplikasi penjualan makanan menggunakan NetBeansAplikasi ini sebenarnya tugas sekolah mata pelajaran PBO (Pemrograman Berorientasi Objek) saya yang dibuat menggunakan NetBeans. Aplikasi ini tentu masih memiliki banyak kekurangan, karena itu anda bisa melengkapi aplikasi ini dengan keinginan sendiri. 

Berikut ini saya akan jelaskan mulai dari langkah-langkah cara membuatnya, menjalankan aplikasi dan juga kamu dapat download source code aplikasi penjualan makanan menggunakan netbeans pada link yang sudah saya sediakan di akhir artikel.


Langkah-Langkah Membuat Aplikasi Penjualan Makanan


1.    Buat project baru

aplikasi penjualan makanan
Sebelumnya buat project baru terlebih dahulu, lalu beri nama projectnya "penjualanmakanan". Setelah itu, buat file JFrame untuk mendesain aplikasi tersebut. Pada project ini, saya membuat 3 file JFrame. File JFrame pertama untuk "tampilanutama", file JFrame kedua untuk
"pemesanan", dan file JFrame ketiga untuk "verifikasipelanggan".

2.    Desain tampilan untuk File JFrame tampilanutama

Setelah itu buat file jframe yang pertama dengan nama "tampilanutama". Desain pada file jframe tampilan utama tampak seperti di bawah ini.

aplikasi penjualan makanan
Di tampilan utama ini terdapat label, panel dan button. Di gambar tersebut terdapat 2 button, yaitu button "Pesan", dan button "Exit". Untuk button pesan ganti variabelnya menjadi "pesan", dan untuk button exit ganti variabelnya menjadi "exit".

Button "Pesan", berfungsi untuk ke file jframe tampilan pemesanan.
Button "Exit", berfungsi untuk keluar dari aplikasinya.

Kodingan untuk button "pesan" :
private void pesanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        new pemesanan().setVisible(true);
}

Kodingan untuk button "exit" :
private void exitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        System.exit(0);
}

3.    Desain tampilan untuk file JFrame pemesanan

Selanjutnya buat lagi file jframe yang kedua dan beri nama "pemesanan". Desain pada tampilan file jframe pemesanan tampak seperti di bawah ini.

aplikasi penjualan makanan
Pada tampilan pemesanan ini terdapat label, button, text field, dan separator. Di tampilan pemesanan juga terdapat gambar menu makanan dan minumannya. Cara memasukkan gambarnya yaitu, pilih label dari Swing Control, klik kanan pada label lalu pilih Properties, lalu klik pada tulisan Icon, browse gambar pada External Image, lalu OK.

Variabel yang terdapat pada JFrame pemesanan
Jbutton1 = back,
Jbutton2 = pilih1,
Jbutton3 = pilih2,
Jbutton4 = pilih3,
Jbutton5 = pilih4,
Jbutton6 = pilih5,
Jbutton7 = pilih6,
Jbutton8 = pilih7,
Jbutton9 = pilih8,
Jbutton10 = transaksi,
Jbutton11 = hitung,
Jbutton12 = orderpesanan,
Jbutton13 = ulang,
Jtextfield1 = nama1,
Jtextfield2 = nama2,
Jtextfield3 = nama3,
Jtextfield4 = nama4,
Jtextfield5 = nama5,
Jtextfield6 = harga1,
Jtextfield7 = harga2,
Jtextfield8 = harga3,
Jtextfield9 = harga4,
Jtextfield10 = harga5,
Jtextfield11 = banyak1,
Jtextfield12 = banyak2,
Jtextfield13 = banyak3,
Jtextfield14 = banyak4,
Jtextfield15 = banyak5,
Jtextfield16 = total1,
Jtextfield17 = total2,
Jtextfield18 = total3,
Jtextfield19 = total4,
Jtextfield20 = total5,
Jtextfield21 = totalsemua,
Jtextfield22 = bayar,
Jtextfield23 = kembalian


Button "Exit", untuk kembali ke tampilan utama. Kodingan untuk button exit :
private void exitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        dispose();
}


Button "Pilih", untuk menampilkan nama makanan dan harganya. Di gambar tersebut terdapat 8 tombol pilih dengan kodingan masing masing seperti di bawah ini :

Kodingan untuk tombol pilihan nasi
private void pilih1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama1.getText().isEmpty()) {
            nama1.setText("Nasi");
            harga1.setText("5000");
        } else if(nama2.getText().isEmpty()) {
            nama2.setText("Nasi");
            harga2.setText("5000");
        } else if(nama3.getText().isEmpty()) {
            nama3.setText("Nasi");
            harga3.setText("5000");
        } else if(nama4.getText().isEmpty()) {
            nama4.setText("Nasi");
            harga4.setText("5000");
        } else if(nama5.getText().isEmpty()) {
            nama5.setText("Nasi");
            harga5.setText("5000");
        }
}                                      

Kodingan untuk tombol pilihan kopi
private void pilih2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama1.getText().isEmpty()) {
            nama1.setText("Kopi");
            harga1.setText("15000");
        } else if(nama2.getText().isEmpty()) {
            nama2.setText("Kopi");
            harga2.setText("15000");
        } else if(nama3.getText().isEmpty()) {
            nama3.setText("Kopi");
            harga3.setText("15000");
        } else if(nama4.getText().isEmpty()) {
            nama4.setText("Kopi");
            harga4.setText("15000");
        } else if(nama5.getText().isEmpty()) {
            nama5.setText("Kopi");
            harga5.setText("15000");
        }
}                                      

Kodingan untuk tombol pilihan ayam penyet
private void pilih3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama1.getText().isEmpty()) {
            nama1.setText("Ayam Penyet");
            harga1.setText("25000");
        } else if(nama2.getText().isEmpty()) {
            nama2.setText("Ayam Penyet");
            harga2.setText("25000");
        } else if(nama3.getText().isEmpty()) {
            nama3.setText("Ayam Penyet");
            harga3.setText("25000");
        } else if(nama4.getText().isEmpty()) {
            nama4.setText("Ayam Penyet");
            harga4.setText("25000");
        } else if(nama5.getText().isEmpty()) {
            nama5.setText("Ayam Penyet");
            harga5.setText("25000");
        }
}                                      

Kodingan untuk tombol pilihan lele goreng
private void pilih4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama1.getText().isEmpty()) {
            nama1.setText("Lele Goreng");
            harga1.setText("25000");
        } else if(nama2.getText().isEmpty()) {
            nama2.setText("Lele Goreng");
            harga2.setText("25000");
        } else if(nama3.getText().isEmpty()) {
            nama3.setText("Lele Goreng");
            harga3.setText("25000");
        } else if(nama4.getText().isEmpty()) {
            nama4.setText("Lele Goreng");
            harga4.setText("25000");
        } else if(nama5.getText().isEmpty()) {
            nama5.setText("Lele Goreng");
            harga5.setText("25000");
        }
}

Kodingan untuk tombol pilihan susu
private void pilih5ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama1.getText().isEmpty()) {
            nama1.setText("Susu");
            harga1.setText("12500");
        } else if(nama2.getText().isEmpty()) {
            nama2.setText("Susu");
            harga2.setText("12500");
        } else if(nama3.getText().isEmpty()) {
            nama3.setText("Susu");
            harga3.setText("12500");
        } else if(nama4.getText().isEmpty()) {
            nama4.setText("Susu");
            harga4.setText("12500");
        } else if(nama5.getText().isEmpty()) {
            nama5.setText("Susu");
            harga5.setText("12500");
        }
}

Kodingan untuk tombol pilihan es batu
private void pilih6ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama1.getText().isEmpty()) {
            nama1.setText("Es Batu");
            harga1.setText("2000");
        } else if(nama2.getText().isEmpty()) {
            nama2.setText("Es Batu");
            harga2.setText("2000");
        } else if(nama3.getText().isEmpty()) {
            nama3.setText("Es Batu");
            harga3.setText("2000");
        } else if(nama4.getText().isEmpty()) {
            nama4.setText("Es Batu");
            harga4.setText("2000");
        } else if(nama5.getText().isEmpty()) {
            nama5.setText("Es Batu");
            harga5.setText("2000");
        }
}

Kodingan untuk tombol pilihan aqua
private void pilih7ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama1.getText().isEmpty()) {
            nama1.setText("Aqua");
            harga1.setText("3000");
        } else if(nama2.getText().isEmpty()) {
            nama2.setText("Aqua");
            harga2.setText("3000");
        } else if(nama3.getText().isEmpty()) {
            nama3.setText("Aqua");
            harga3.setText("3000");
        } else if(nama4.getText().isEmpty()) {
            nama4.setText("Aqua");
            harga4.setText("3000");
        } else if(nama5.getText().isEmpty()) {
            nama5.setText("Aqua");
            harga5.setText("3000");
        }
}

Kodingan untuk tombol pilihan rendang
private void pilih8ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama1.getText().isEmpty()) {
            nama1.setText("Rendang");
            harga1.setText("55000");
        } else if(nama2.getText().isEmpty()) {
            nama2.setText("Rendang");
            harga2.setText("55000");
        } else if(nama3.getText().isEmpty()) {
            nama3.setText("Rendang");
            harga3.setText("55000");
        } else if(nama4.getText().isEmpty()) {
            nama4.setText("Rendang");
            harga4.setText("55000");
        } else if(nama5.getText().isEmpty()) {
            nama5.setText("Rendang");
            harga5.setText("55000");
        }
}


Button "Transaksi", untuk mengetahui total harganya, tetapi isikan banyaknya jumlah makanan atau minuman dahulu secara manual. Kodingan untuk button transaksi :
private void transaksiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                          
        // TODO add your handling code here:
        int row1 = Integer.parseInt(harga1.getText())*Integer.parseInt(banyak1.getText());
        int row2 = Integer.parseInt(harga2.getText())*Integer.parseInt(banyak2.getText());
        int row3 = Integer.parseInt(harga3.getText())*Integer.parseInt(banyak3.getText());
        int row4 = Integer.parseInt(harga4.getText())*Integer.parseInt(banyak4.getText());
        int row5 = Integer.parseInt(harga5.getText())*Integer.parseInt(banyak5.getText());
        total1.setText(""+row1);
        total2.setText(""+row2);
        total3.setText(""+row3);
        total4.setText(""+row4);
        total5.setText(""+row5);
        totalsemua.setText(""+(row1+row2+row3+row4+row5));
}

Button "Hitung", untuk menghitung uang kembalian yang akan diterima. Kodingan untuk button hitung :
private void hitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        int uangKembalian = Integer.parseInt(bayar.getText())-Integer.parseInt(totalsemua.getText());
        kembalian.setText(""+uangKembalian);
}


Button "Ulang", untuk menghapus semua data yang sebelumnya sudah terisi untuk melakukan proses pemesanan yang baru. Kodingan untuk button ulang :
private void ulangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        nama1.setText("");
        nama2.setText("");
        nama3.setText("");
        nama4.setText("");
        nama5.setText("");
        harga1.setText("0");
        harga2.setText("0");
        harga3.setText("0");
        harga4.setText("0");
        harga5.setText("0");
        banyak1.setText("0");
        banyak2.setText("0");
        banyak3.setText("0");
        banyak4.setText("0");
        banyak5.setText("0");
        total1.setText("0");
        total2.setText("0");
        total3.setText("0");
        total4.setText("0");
        total5.setText("0");
        totalsemua.setText("");
        bayar.setText("");
        kembalian.setText("");
}


Button "Order Pesanan", untuk order pesanan dan akan diarahkan ke tampilan verifikasipelanggan. Kodingan untuk button order pesanan :
private void orderpesananActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                             
        // TODO add your handling code here:
        if(totalsemua.getText().isEmpty()) {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Harap Pesan Makanan atau Minuman Terlebih Dahulu");
        } else {
            int totalbelanja = Integer.parseInt(totalsemua.getText());
            new verifikasipelanggan(totalbelanja).setVisible(true);
        }
}


Setelah itu ketikkan di bawah package penjualanmakanan pada jframe pemesanan "import javax.swing.JOptionPane;"

aplikasi penjualan makanan



4.    Desain tampilan untuk file JFrame verifikasipelanggan

Buat lagi file jframe yang terakhir dan beri nama "verifikasipelanggan". Desain pada tampilan file jframe verifikasi pelanggan tampak seperti di bawah ini.
aplikasi penjualan makanan
Di tampilan verifikasi pelanggan ini untuk mengisi data verifikasi pelanggan. Di text field "Total Belanja", ganti variabelnya menjadi totalbelanja dan data di text field total belanja tidak bisa diedit karena data tersebut sudah langsung terisi pada saat mengklik Button "Order Pesanan" di tampilan jframe pemesanan. Ubah variabel dari button submit menjadi "submit".

Kodingan pada button submit :
private void submitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(nama.getText().isEmpty() || alamat.getText().isEmpty() || hp.getText().isEmpty() ) {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Harap isi Data Diri Anda Dengan Lengkap");
        } else {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terima Kasih Atas Pesanan Anda");
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Pesanan Anda Akan Segera Kami Antar");
            dispose();
        }
}

Terus tambahkan beberapa kodingan yang sudah saya beri warna pada file jframe verifikasipelanggan seperti gambar di bawah ini.

aplikasi penjualan makanan



aplikasi penjualan makanan






Hasil akhir dari Aplikasi Pemesanan Makanan ketika di run terlihat seperti pada video di bawah ini.




Untuk source code lengkapnya dapat anda download di bawah ini :


Akhir Kata

Segitu saja untuk ulasan aplikasi penjualan makanan menggunakan netbeans. Aplikasi ini tentu masih memiliki banyak kekurangan, karena itu kamu bisa melengkapi aplikasi ini dengan keinginan sendiri. 

Belum ada Komentar untuk "Source Code Aplikasi Penjualan Makanan Menggunakan NetBeans"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel